Anekdot Lucu Khas Gusdur: Yesus Anak Allah Masuk Kristen

Gusdur salah¹ tokoh nasional Indonesia yang nomor satu dan terdepan urusan menerima keberagaman, padahal beliau adalah seorang Muslim. Tapi hanya beliaulah yang bisa menerima perbedaan keyakinan tanpa harus dia kehilangan imannya.

Iman beliau tangguh dan sangatlah kuat, sudah teruji, dengan mengamini keyakinan orang lain tanpa takut imannya terganggu dan beliau juga jadi tokoh yang sangat disegani dan dihormati semua agama. Kecuali sesama Muslim sendiri melihat beliau adalah tokoh Muslim kontroversial. Apalagi kalau sudah bertemu dengan kaum habaib.

Ilustrasi, gambar diambil dari Google

Tapi kita gak akan bahas perbedaan itu. Karena itu bukan urusan saya. Saya di sini hanya ingin mencatat anekdot menarik yang sering Gusdur sampaikan dibeberapa kesempatan.

Guyonan Gusdur ini terkenang sepanjang masa, meskipun beliau sudah tidak ada beberapa tahun lalu, tapi warisannya masih terkenang bagi umat agama lain (terutama Kristen), karena bentuk pengakuannya yang unik terhadap keyakinan umat Kristiani.

Judul anekdot ini adalah Yesus anak Allah satu² nya masuk Kristen.

Jadi ceritanya ada seorang Pak Kyai yang mengeluh, kalau doanya gak dikabulkan oleh Allah. Dia berdoa mengeluh karena anaknya satu² nya itu murtad, pindah agama ke Kristen. Padahal dia adalah orang yang taat, tapi anaknya ini malah memilih buat murtad pindah agama.

Setiap doanya ke Allah, dia selalu memohonkan agar anaknya kembali. Tapi doanya gak pernah dijawab. Sampai akhirnya bapak ini mengeluhkan apa yang dia alami pada seseorang.

Ternyata respon dari temannya ini unik. "Kenapa kamu berdoa minta Allah buat kembalikan anak mu ke agama Islam? Kenapa kamu minta Allah mengabulkan doa mu. Orang Allah aja juga mengalami masalah yang sama rumitnya seperti masalah mu!"

"Lho kenapa?"

"Lha bayangkan saja, Allah saja punya putra yang tunggal, Yesus, itu saja masuk Kristen. Kamu minta permohonan yang sama, lha Dia aja ngalami hal yang sama seperti kamu!"


Sebuah anekdot yang menggelikan bagi orang Kristen. Tapi juga hal ini, atau statement ini jadi salah¹ bentuk pengakuan soal iman Kristen, dimana Yesus adalah putera yang tunggal Allah, yang turun kedunia untuk menjadi serupa dengan manusia, menunjukan maha kasih Allah langsung. Perbuatan besar yang Dia tunjukan, menunjukan Kuasa Nya yang tak terbatas, bahkan melangkahi pola pikir manusia dan keimanan orang².

Cuplikan anekdot yang Gusdur sampaikan ini bisa kalian dengarkan dari channel youtube yang saya share di atas.

Anekdot yang tidak lucu bagi mereka yang garis keras. Tapi tidak bagi anak² Kristus yang cinta damai dan selalu punya sudut pandang berbeda menanggapi suatu hal.

Terima kasih Gusdur, warisan  mu mengelola keberagaman membuat Indonesia makin berwarna, tidak hanya putih-putih-putih saja, tapi bisa berwarna, sekaligus menunjukan Indonesia ini beragam. -cpr

#onedayonepost
#anekdotgusdur
#gusdurian
#jokes
#yesusanakallah

Posting Komentar

0 Komentar