Apakah Natanael atau Bartolomeus, Salah Seorang Murid Yesus?

Mungkin hanya saya yang bingung soal salah¹ murid Yesus ini. Ketika diminta menyebut murid-murid Yesus tersebutlah nama Bartolomeus. Tapi ketika saya menonton film The Choosen (serial), yang saya dengar tidak ada nama Bartolomeus melainkan Nathanael.

Lha, hayo yang benar yang mana? Apakah dua orang berbeda atau memang orang yang sama. Yesus memanggil rasul pertamanya sebanyak 12 rasul, jika dua nama itu orang berbeda berarti rasul Yesus ada 13 orang dong.

Saya mencoba mencari tahu dan memahami soal perbedaan ini. Bagi saya yang Kristiani saja sedikit bingung, apalagi yang gak mengimani. Supaya saya paham dan memahami maka saya harus cari tahu supaya saya bisa menjelaskan apabila ada yang bingung atau bertanya.

Dibeberapa patung rasul Yesus, nama yang sering tertulis adalah Bartolomeus. Jadi saya mulai dari nama ini.


Nama Bartolomeus berasal dari bahasa Aram, 'bar-Tolmay' yang berarti putera Tolmay. Dikenal juga sebagai sahabat dari rasul Yesus yang lain yaitu Filipus. Menurut tradisi cerita para rasul, Filipus pula yang mengenalkan Bartolomeus kepada Yesus.

Kita singgung sedikit soal nama Nathanael, dalam bahasa Ibrani berarti 'pemberian Allah'.

Lalu kenapa, rasul Bartolomeus ini diidentikan dengan rasul Nathanael?

Ternyata inilah sebabnya, jadi nama Nathanael disebutkan dalam Injil Yohanes. Tetapi dalam Injil Sinoptik, Matius, Markus dan Lukas yang tersebut adalah nama Bartolomeus. Nama Filipus sering dicatat bersama dengan Bartolomeus/Nathanael ini. Tapi jika di Injil Yohanes yang disebut bersama Filipus adalah Nathanael, jika di Injil² sinoptik yang tersebut adalah Bartolomeus.

Dari sini bisa dikatakan Bartolomeus/Nathanael adalah orang yang sama, karena catatan peristiwa yang sama hanya dicatat dengan nama yang berbeda.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa orang² Kasdim membaurkan nama Bartolomeus dengan Nathanael, namun pendapat ini tidak diamini oleh beberapa pakar alkitab.

Kasdim merupakan nama daerah yang dikenal pada abad ke-8 SM, yang terletak di selatan Irak. Orang² atau suku² yang datang dan mendiami daerah ini dinamai orang² Kasdim. Sering juga dikenal sebagai orang² Kaldea. Pada abad ke-6 SM banyak orang² Kasdim ini menguasai Kekaisaran Babilonia Baru, sebagai Dinasti ke-11 : Dinasti Kasdim.

Bartolomeus atau Nathanael ini informasinya berasal Kota Kana, di Provinsi Galilea, di Utara Israel.

Meskipun dalam Injil dicatat Filipus yang mengenalkan Bartolomeus/Nathanael ini kepada Yesus, tapi dalam Injil Yohanes tercatat bahwa Yesus telah mengenalnya lebih dulu, saat Nathanael ini berada di bawah pohon ara.

Film The Chossen mengangkat momen ini dalam filmnya, dimana difilm itu, nama Nathanael lebih disebut dikenalkan dibandingkan Bartolomeus. Dikisahkan bahwa Nathanael adalah seorang arsitek pada masa itu, dia menyenangi akan konstruksi bangunan. Dia punya mimpi membangun rumah doa dari gambar karyanya, namun hal tersebut tidak kesampaian dan membuatnya kecewa. Pada momen itu, Nathanael meratapi kekecewaannya dengan duduk di bawah pohon ara. Saat itu dia sempat berkomunikasi dengan Tuhan menyampaikan kekecewaanya itu. Setelah itulah, momen Filipus pergi menemui Nathanael untuk mengenalkan sosok mesias yaitu Yesus. Saat Yesus tiba di daerah dimana Nathanael tinggal, Yesus dipertemukan dengan Nathanael itu dan terjadilah percakapan seperti apa yang tercatat dalam Injil Yohanes.

Ilustrasi ketika Nathanael tengah berada dibawah pohon ara. Gambar diambil dari Google

Injil Yohanes dicatat dari point of view rasul Yohanes, saudara Yakobus anak Zebedeus (big Yakobus).

Kalau based on film The Choosen, Nathanael masuk ke dalam kelompok rasul Yesus setelah Andreas, Simon, Yohanes & Yakobus (anak Zebedeus), Matius, Yakobus kecil, dan Tadeus. Saat itu mereka tengah berada di Samaria. Di sana juga mereka mengenal Filipus seorang rasul Yesus dari Betsaida, juga salah¹ pengikut Yohanes Pembabtis (saudara Yesus), yang kemudian mengajak Nathanael untuk juga mengenal Yesus. Filipus sendiri dikisahkan sebagai teman dari Andreas. Awalnya Simon, Thomas, Yohanes & Yakobus tak mengenali Filipus, sebelum Andreas yang mengenalkannya.

Yesus dan para rasul lainnya bertemu dengan Bartolomeus/Nathanael di Kaisarea Filipi, rombongan mampir ke sana sebelum menuju Suriah.

Kisah di atas merupakan catatan kisah yang dikisahkan kembali dalam film The Choosen. Ya sedikit informasi yang bisa digunakan untuk mengenal seorang Bartolomeus/Nathanael.

Dalam Injil Yohanes Nathanael disebutkan lagi pada saat Yesus berada di Laut Galilea setelah peristiwa kebangkitan. Dimana di sana rasul Yesus berkumpul diantaranya ada Simon Petrus, Thomas yang disebut Didimus, Nathanael, anak² Zebedeus (Yohanes dan Yakobus) dan dua murid lainnya.


Setelah Yesus naik ke surga, kerasulan Bartolomeus/Nathanael berlanjut.

Setelah Yesus naik ke surga, Bartolomeus/Nathanael ini pergi ke India. Ini menurut catatan Eusebius dari Kaisarea (awal abad ke-4 M) dan juga catatan Hieronimus (akhir abad ke-4 M). Di sana Bartolomeus/Nathanael meninggalkan salinan Injil Matius.

Eusebius dari Kaisarea dikenal sebagai Bapa Sejarah Gereja, dikenal sebagai pencatat sejarah Kristen mula². Beliau lahir pada tahun 275.

Catatan tradisi lainnya menyampaikan bahwa dia juga pergi ke Ethiopia, Mesopotamiq, Parthia, dan Lycaonia.

Bartolomeus/Nathanael melakukan penginjilannya ke wilayah timur (Armenia dan sekitarnya) sekitar abad ke-1 masehi. Di sana dia diidentifikasi sebagai Nathanael. Tradisi juga mencatat dia bersama rasul Yesus lainnya yaitu Yudas Tadeus (Yudas anak Yakobus atau Tadeus). Jadi tidak heran jika kedua rasul ini dijadikan pelindung bagi Gereja Apostolik Armenia.

Perlu dipahami juga ya, Gereja Apostolik Armenia termasuk ke dalam komunitas Gereja Ortodoks Oriental. Saat ini dipimpin oleh seorang 'katolikos', saat ini Gereja Apostolik Armenia mempunyai dua orang katolikos (Karekin II, Batrik Tertinggi merangkap Katolikos Seluruh Armenia, dan Aram I, Katolikos Rumah Besar Kilikia), ditambah dua batrik, sejumlah primat, uskup agung, uskup, pejabat gerejawi, dan kaum awam yang melayani gereja.

Gereja Apostolik Armenia berbeda dengan Gereja Katolik Armenia, yang dipimpin oleh Batrik-Katolikos Nerses Bedros XIX, sebuah Gereja Katolik Timur yang berada dalam ikatan persekutuan paripurna dengan Takhta Suci di Roma (Gereja Katolik Roma).

Nah jadi perlu ada pemahaman sedikit ya. Yang berhubungan dengan kepemimpinan ajaran gereja dari Bapa Paus Katolik Roma (Tahta Suci Vatikan) yakni Bapa Paus Fransiskus (saat ini) adalah Gereja Katolik Armenia.

Meskipun berbeda kepemimpinan pusatnya, sejarah gerejanya adalah sama, yakni dibawa oleh rasul perdana Yesus, yakni Bartolmeus/Nathanael dan Tadeus.

Menurut tradisi, rasul Bartolomeus/Nathanael ini wafat sebagai martir di Albanopolis, salah satu wilayah di Armenia. Dia wafat dipenggal kepalanya, namun ada catatan tradisi yang lebih populer dia wafat dengan cara dikuliti hidup-hidup, dengan xara disalib dengan kepala dibawah.

Di tempat dimana Bartolomeus/Nathanael ini wafat didirikan sebuah biara pada abad ke-13 M, yakni Biara St. Bartolomew Monastery, tepatnya di Provinsi Vaspurakan, Greater Armenia (saat ini lokasinya berada di tenggara negar Turki).

Pada abad ke-4 M jenasah Bartolomeus/Nathanael dipindahkan ke sebuah gereja di Roma, di sebuah pulau di tengah² Sungai Tiber. Gereja barat (Tahta Suci Vatikan) merayakan pestanya setiap tanggal 24 Agustus dan kita kenal sebagai Santo Bartolomeus atau Santo Nathanael sedangkan Gereja ortodoks merayakannya pada 11 Juni.

Santo Bartolomeus/Nathanael ini dikenal sebagai santo pelindung Armenia, pelindung profesi penjaht buku, penjual daging, pekerja kulit, penyamak kulit, pembuat sepatu, pemlaster, pemburu.

Meski begitu saya gak menemukan beliau jadi pelindung para arsitek. Padahal dari kisahnya yang diketahui, awal mulanya cita² nya adalah seorang arsitek, ingin membangun sebuah tempat ibadah untuk memuji Tuhan. Ini opini saya saja, jangan dipahami bahwa ini informasi penting ya. Justru St. Thomas (rasul) yang menjadi santo pelindung profesi arsitek.

Sepertinya itu saja yang bisa saya bagikan untuk sebagai informasi dan menambah pemahaman pengenalan akan salah¹ rasul Yesus yang mula². Jadi gak perlu lagi bingung Bartolomeus atau Nathanael, dua nama itu adalah orang yang sama. Jika ada ahli kitab yang menyebutkan mereka berbeda, bisa didengar dulu apa pendapatnya dan apa dasarnya atas pendapatnya itu. Baru kemudian sinkronkan dengan informasi yang kamu peroleh ini, masuk akal atau tidak. Karena Gereja Katolik selalu berpedoman pada catatan sejarah, bukan katanya ujug² katanya jatuh dari langit, eh padahal setelah ditelusuri sejarahnya tidak demikian. Soal ini akan saya singgung pada bahasan lain.

Sampai jumpa dibahasan lainnya, semoga bisa mencerahkan. Jika ada tambahan informasi soal St. Bartolomeus/Nathanael ini akan saya tambahkan. Semoga pengalaman iman St. Bartholomeus/Nathanael bisa jadi penguat iman kita akan Yesus Kristus. Amin. -cpr

#onedayonepost
#tokoh
#umum
#informasi
#rasulyesus
#bartolomeus
#nathanael

Posting Komentar

0 Komentar