Panitia Olimpiade Paris 2024 Melakukan Penistaan Agama

Judulnya bikin heboh nih! Tapi tenang dulu, itu kalau yang dinistakan adalah saudara kita yang lain. Tapi kalau bagi kita yang dinistakan, tentunya pasti berbeda cara menanggapinya.

Beberapa hari ini, sejak seremoni pembukaan Olimpiade Paris 2024 lalu, ada hal yang kurang pas. Panitia pembukaan Olimpiade Paris 2024 ini menyajikan  seremonial yang menyinggung atau bahkan lebih tepatnya melecehkan agama Kristiani.

Salah¹ scene pada ceremony Olimpic France 2024, yang memparodikan lukisan perjamuan terakhir karya Leonardo da Vinci. Gambar diambil dari X.

Saya coba ulang kembali, jika ini terjadi pada mereka, pada agama mereka pasti hebohnya macam², seperti boikot produk Prancis, ini, itu bla bla bla, geruduk kedubes Prancis dan lain sebagainya. Yang jelas itu semua sudah tergambar dalam pikiran kita semua.

Nah lalu, dari pihak gereja diam saja gitu?

Oh tentu tidak, setelah perhelatan itu digelar dan semua mata dunia melihat, pastinya ada kontra pada hal yang dianggap tidak lazim. Semua orang menilai jelas itu adalah hal pelecehan.

Belum lagi, pada momen itu panitia seperti menyelipkan pesan atas kampanye dukungan terhadap komunitas LGBT yang secara mayoritas negara di dunia masih mempermasalahkan soal LGBT ini.

Pihak gereja melalui para Uskup di Prancis mengecam akan hal ini. Sangat tidak etis memparodikan  secara internasional khalayak ramai, lukisan perjamuan terakhir Yesus Kristus bersama murid-muridnya karya Leonardo da Vinci.

Sebenarnya yang jadi inti kemarahan adalah, lukisan itu diambil atau diinspirasikan dari kisah perjamuan terakhir Yesus bersama para murid dan bagi umat Kristiani dunia, hal tersebut adalah peristiwa sakral dan terkenang sepanjang masa, bahkan diabadikan dalam rupa sakramen yang kita laksanakan setiap ekaristi.

Tapi hal yang begitu sakral jadi bahan parodi pada acara besar dan megah sekelas Olimpiade. Sungguh ironis dan sangat tidak patut. Ditambah lagi, parodi ini terkesan melecehkan dan memperlakukan dengan tidak hormat.

Ada hal menarik, katanya sehari setelah pagelaran pembukaan Olimpiade France 2024, kota Paris mati listrik total, tapi ada satu bangunan yang tidak padam. Bangunan itu adalah  sebuah gereja Basilique du Sacré-CÅ“ur de Montmartre.

Ya itu sih mungkin sekedar cocoklogi jika kita mengikuti kebiasaan dengan server sebelah. Kalau saya sih, ya boleh² saja lah sekali-kali kita ikuti kebiasaan mereka, yang penting gak usah niru radikal dan bar² nya, membela membabi-buta.


Pendapat saya pribadi, hal² semacam ini memang ulah dari kelompok atau komunitas² satanis, yang memang senang melakukan hal² seperti ini, menciderai dan tidak menghormati Yesus Kristus, sebab mereka sendiri mengakui kelompok mereka sebagai antikristus. Komunitas ini sangat umum di Eropa dan Amerika.

Lalu bagaimana dengan kita umat Kristiani bersikap? Apakah harus mengikuti saudara kita, yang 'ngamook' ,  memaki dan melakukan demo berjilid-jilid, mengumpat dan mengkafir-kafirkan orang lain bahkan hingga memboikot produk tertentu, lalu mendiskriminasi turis asing dari negara Prancis?

Jelas, itu bukan jalan yang Yesus Kristus ajarkan, kita bukan umat radikal dan bar-bar dalam menanggapi masalah.


Di Eropa dan Amerika, diketahui bahwa banyak umat yang tidak lagi menjalankan agama monoteisme dengan baik dan benar, kebanyakan mereka mengaku ateis, agnostik dsb., bahkan ada yang terang-terangan mengaku satanic.

Krisis umat Kristiani di Eropa dan Amerika sangatlah memprihatinkan. Gereja² besar dan megah di sana lebih banyak diisi lansia, sangat jarang kaum muda dan pasangan keluarga muda yang beribadah.

Membandingkan dengan di Indonesia, apakah kegiatan lingkungan itu terjadi di sana? Doa lingkungan, latihan koor lingkungan, pendalaman iman lingkungan, dll., yang merupakan kegiatan komunitas basis apakah berjalan di sana? Hmm, rasanya tidak ya.

Minimal aktivitas di gereja setelah misa atau diluar hari Minggu, apakah gereja masih ramai ketika hari biasa? Hmm, rasanya tidak ya.

Pengunjung gereja besar dan megah di sana hanya turis dari luar negeri yang ingin mengagumi bangunan, sekedar bangunan karya manusia, tapi bukan karya 'gereja' yang sesungguhnya, yang jadi dasar pondasi bangunan gereja itu sendiri.


Pembukaan Olimpiade Paris 2024 jadi pembukaan gelaran Olimpiade yang paling buruk sepanjang masa. Semua orang akan ingat momen ini, terburuk dalam event internasional.

Semoga bisa menjadi pelajaran banyak pihak dalam  penyiapan sebuah pagelaran internasional supaya tidak memilih konsep acara yang lebih universal dan tidak menciderai pihak mana pun, dan lebih baik menyesuaikan dengan konsep olahraga, karena ini acara pagelaran event olahraga. -cpr

#onedayonepost
#umum
#opini
#olimpiadeterburuk
#olimpiadeparis2024

Posting Komentar

0 Komentar