Mengenal Lukas, Penginjil, Apakah Dia Rasul Yesus Mula-mula?

Sebelumnya saya sudah membuat catatan resume soal mengenal rasul Markus, yang merupakan salah satu dari penginjil utama. Alasan saya membuat resume pengenalan rasul Markus karena saya tidak menemukan namanya dalam nama-nama dua belas rasul Yesus, lalu siapakah dia, itulah yang membuat saya penasaran dan mencari tahu tentang rasul Markus.


Berbeda dengan rasul Matius dan Yohanes, dimana mereka berdua adalah salah dua dari dua belas rasul Yesus, rasul yang dipilih Yesus sendiri. Nah satu lagi penulis Injil yang saya belum ketahui siapa dia adalah Lukas. Siapakah dia, rasul kah atau hanya simpatisan umat biasa?

Baiklah kita mulai mencari informasi seputar nama Lukas Penginjil.

Ilustrasi Santo Lukas Penginjil, gambar diambil dari Google

Gereja mengenal Lukas sebagai salah satu penulis Injil Lukas dan Kisah Para Rasul. Diketahui pula dalam catatan sejarah, Lukas berprofesi sebagai seorang dokter atau ahli dalam hal pengobatan dan merupakan satu-satunya murid non Yahudi yang menulis karya penyelamatan Yesus di dunia. Ini juga yang membuat rasa dari Injil Lukas begitu memperhatikan mukjijat-mukjijat Yesus, karena bakatnya adalah seorang dokter yang akrab dengan dunia pengobatan.

Meski begitu, Lukas tidak menulis namanya dalam semua catatan yang ditulisnya. Namun rasul Paulus menyebutnya dalam tiga surat yang berbeda, yaitu Surat Rasul Paulus kepada Filemon ayat 24 ("Terimalah juga salam rekan-rekan saya: Markus, Aristarkhus, Demas dan Lukas") ; Kolose 4 : 14 ("Salam kepadamu dari tabib Lukas") dan 2 Timotius 4 : 11 ("Hanya Lukas ada bersamaku. Dapatkan Markus dan bawa dia denganmu, kerana dia dapat membantuku dalam tugasku").

Namun ada satu hal yang perlu diketahui, Injil Lukas dan Kisah Para Rasul ini ditulis dialamatkan kepada seseorang yang bernama Teofilus (Bdk. Lukas 1 : 3) dan (Bdk. Kisah 1 : 1). Tujuannya adalah mengenalkan ajaran Yesus kepadanya, meski sebenarnya Teofilus sendiri sudah mengenal dasar-dasar doktrin ajarannya, namun belum sepenuhnya mengetahui kisahnya.

Lukas diketahui adalah murid dari para rasul Yesus, tepatnya  menjadi pengikut rasul Paulus. Lukas pun diketahui hidup selibat dan tidak mempunyai anak hingga dia meninggal pada usia 84 tahun.

Sebelumnya Lukas diyakini sebagai yang tidak mengenal agama atau tidak mengenal Tuhan. Tidak diketahui kapan Lukas bertobat, Lukas adalah pengikut rasul Paulus,  Lukas juga ikut dalam perjalanan misioner rasul Paulus ke Makedonia, Yerusalem dan juga hingga ke Roma.

Bahkan ketika Paulus ditangkap dan dipenjara di Yerusalem, Lukas dengan setia mengunjungi gurunya di tahanan. Para ahli sejarah berasumsi pada saat inilah Lukas mengumpulkan bahan-bahan untuk menulis Injil dan bagian awal kitab Kisah Para Rasul. Sehingga tidak heran jika tulisannya dipengaruhi pandangan dan ajaran yang disebarkan Paulus.


Menurut Wikipedia, Lukas 'berdarah' Yunani, dia lahir di Antiokia, Suriah (ketika itu masih masuk dalam wilayah kekuasan Kekaisaran Romawi), tidak diketahui lahirnya kapan, namun dicatat bahwa dia meninggal pada usia 84 tahun di Thebes, ibukota Boiotia, Yunani.

Nama "Lukas" merupakan nama Romawi, dalam bahasa Yunani "Loukas", dalam bahasa Latin "Lucas", merupakan kependekan dari "Lukius" atau "Lucius" atau "Lukanus" atau "Lucanus". Ada pula dugaan bahwa Lukas ini adalah Lukius dari Kirene.

Menurut Epifanius, Lukas merupakan salah satu dari tujuh puluh murid Yesus, murid dari Emmaus, untuk menyebarkan ajaran Nya. Namun hal ini disanggah, karena Lukas baru menjadi Kristen setelah bertemu rasul Paulus bertahun-tahun kemudian.

Epifanius adalah seorang kudus, yang lahir sekitar tahun 315 dan wafat tahun 403.  Merupakan seorang Yahudi yang menjadi Kristen sejak masa mudanya. Epifanius terpilih menjadi Uskup Salamis di Siprus. Epifanius dikenal sebagai seorang pembela ajaran iman Kristen yang benar dari serangan berbagai ajaran sesat. Epifanius membuat sebuah tulisan yang terkenal tentang hal ini dalam buku apologetiknya bernama "Panarion", dimana buku ini berisi sanggahan terhadap lebih 80 jenis ajaran sesat pada jamannya. Epifanius kini kita kenal sebagai St. Epifanius dari Salamis.

Tidak banyak informasi yang bisa dikumpulkan mengenai Lukas penginjil. Tapi dari semua pengarang Injil, Injil Lukas merupakan Injil yang paling muda nilai catatan sejarahnya, catatannya tidak secara langsung berdasarkan apa yang dialami sendiri seperti rasul Matius, rasul Yohanes dan rasul Markus. Ini menurut opini saya ya. Tanpa mengecilkan nilai dari Injil lainnya.

Tidak diketahui juga Lukas meninggal sebagai martir atau tidak, tetapi dipercaya bahwa dia meninggal sebagai martir. Pestanya dirayakan setiap tanggal 18 Oktober, dihormati oleh Gereja Katolik Roma, Gereja Ortodoks Timur, Gereja Katolik Timur, Gereja Anglikan, Gereja Lutheran dan beberapa Protestan lainnya.

Lukas dikenal sebagai orang kudus, dengan gelar santo, Santo Lukas. Dikenal sebagai pelindung profesi dokter, ahli bedah, seniman dan lainnya.

Mungkin segitu saja yang bisa saya temukan dari seorang rasul Lukas atau Santo Lukas Penginjil. Kebetulan tanggal hari ini adalah peringatan pesta dari Santo Lukas Penginjil, jad pas sekali resume ini saya buat.

Jika ada informasi terbaru atau tambahan yang saya kira penting maka akan saya tambahkan kemudian. Untuk ke depan kira-kira saya akan kepo kepada tokoh gereja siapa lagi ya. Ditunggu saja update berikutnya di Naturality Taize ini. -cpr

#onedayonepost
#tokoh
#katekese
#lukas
#injillukas

Posting Komentar

0 Komentar